Multimedia
Teknologi
komputasi multimedia merupakan suatu era baru dalam dunia informasi modern yang
telah berkembang beberapa tahun terakhir. Dengan lahirnya era teknologi ini,
produsen industry komputer tampaknya mendapatkan “angin segar” di tengah
lesunya permintaan hardware komputer oleh masyarakat, karena multimedia telah
membangkitkan citra baru teknologi komputer (Budi Sutedjo Dharmo Oetomo,
S.Kom., MM, Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi, 2006).
a.
Pengertian
Multimedia
1)
Menurut Vaughan (2004), multimedia
merupakan kombinasi teks, seni, suara, gambar, animasi, dan video yang
disampaikan dengan komputer atau dimanipulasi secara digital dan dapat
disampaikan dan/atau dikontrol secara interaktif (Iwan Binanto, Multimedia Digital Dasar Teori
+ Pengembangannya, 2010).
2)
Multimedia secara umum diartikan sebagai
komputerisasi teks, gambar, seni grafik, animasi, suara dan video (Budi Sutedjo
Dharmo Oetomo, S.Kom., MM, Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi,
2006).
b.
Karakteristik
Dasar Sistem Multimedia
Menurut
Marshal (2001), sistem multimedia mempunyai empat karakteristik dasar, yaitu :
1) Merupakan
sistem yang dikontrol oleh komputer.
2) Merupakan
sebuah sistem yang terintegrasi.
3) Informasi
yang ditangani direpresentasikan secara digital.
4) Antarmuka
pada media tampilan akhir biasanya bersifat interaktif (Iwan Binanto, Multimedia Digital Dasar Teori
+ Pengembangannya, 2010).
c.
Jenis
Multimedia :
1) Multimedia
Interaktif, Pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia
akan dikirim atau ditampilkan.
2) Multimedia
Hiperaktif, Multimedia jenis ini mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen
terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Dapat dikatakan bahwa
multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada.
3) Multimedia
Linear, Pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan
dari awal hingga akhir (Iwan Binanto, Multimedia Digital Dasar Teori +
Pengembangannya, 2010).
d.
Penggunaaan
Multimedia
Multimedia
dapat digunakan dalam banyak bidang. Multimedia dapat masuk dan menjadi alat
bantu yang menyenangkan. Hal ini terjadi karena kekayaan elemen-elemen dan
kemudahannya digunakan dalam banyak konten yang bervariasi. Beberapa bidang
yang menggunakan multimedia adalah sebagai berikut :
1) Bisnis,
Aplikasi multimedia untuk bisnis meliputi presentasi, pemasaran, periklanan,
demo produk, katalog, komunikasi di jaringan, dan pelatihan. Penggunaan
multimedia akan membuat kelancaran dan kemudahan transaksi bisnis.
2) Sekolah,
Multimedia sebenarnya sangat dibutukan di sekolah karena multimedia membuat
pelajaran menjadi lebih lengkap dan lebih menarik. Multimedia dapat menjadi
alat pengajaran elektronik yang dapat membantu pengajar.
3) Rumah,
Multimedia dapat dimanfaatkan sebagai media hiburan dan teman rumah, misalnya
game.
4) Tempat
Umum, Saat ini sudah banyak tempat-tempat umum memasang “kiosk”, yaitu produk
multimedia yang berfungsi sebagai pemberi informasi, misalnya informasi
mengenai tempat yang sedang dikunjungi, kuliner, dan sebagainya.
5) Virtual
Realitu (VR), Bidang ini biasanya menggunakan alat-alat khusus, misalnya
kacamata, helm, sarung tangan, dan antarmuka pengguna yang tidak lazim, dan
berusaha untuk menempatkan penggunanya “di dalam” pengalaman yang nyata. Dalam
VR, lingkungan yang diciptakan sebenarnya merupakan ribuan objek geometris yang
digambar dalam ruang 3 dimensi. Semakin banyak objek dan titik yang
mendeskripsikan objek serta semakin tinggi resolusinya, semakin realistis hasil
yang diperoleh. Ketika pengguna menggerakan objek, setiap gerakan atau aksi
akan membuat komputer menghitung ulang posisi, sudut, ukuran, dan bentuk dari
semua objek yang membangun tampilan. Hal ini mengakibatkan ribuan, bahkan
jutaan komposisi untuk menggerakan objek 30 kali per detik agar tampak halus.
Oleh karena itu, VR membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi agar objek
yang ditampilkan benar-benar tampak nyata (Iwan Binanto, Multimedia Digital
Dasar Teori + Pengembangannya, 2010).
Daftar Pustaka
Budi
Sutedjo Dharmo Oetomo, S.Kom., MM. 2006.
Perencanaan &
Pembangunan Sistem Informasi. Andi Offset. Yogyakarta.
Iwan
Binanto. 2010. Multimedia Digital Dasar
Teori + Pengembangannya.
Andi
Offset. Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar